Tuesday, July 23, 2024
Google search engine
HomeHaditsTiga Sifat Agar Dicintai oleh Allah Azza wa Jalla

Tiga Sifat Agar Dicintai oleh Allah Azza wa Jalla

Meraih cinta dan kasih dari orang yang disayang merupakan dambaan setiap orang. Terlebih agar dicintai dan diridhoi Allah azza wa jalla yang merupakan dambaan bagi orang yang benar-benar beriman kepada-Nya.

Nabi ﷺ pernah bersabda tentang kiat-kiat dalam meraih cinta Allah azza wa jalla,

إن الله يحب العبد التقي، الغني، الخفي

Sesungguhnya Allah mencintai hamba yang bertaqwa, yang kaya dan yang menyembunyikan diri. (HR. Muslim no. 2965)

Syaikh Shalih Fauzan menjelaskan bahwasanya sifat yg pertama yg disebutkan ialah yang bertaqwa. Taqwa kepada Allah ialah menjalankan segala perintahnya karena mengharapkan ganjaran pahala, dan meninggalkan segala apa yg dilarang oleh-Nya karena takut dari siksa adzab-Nya.

Allah ta’ala mencintai hamba-hamba Nya yang bertaqwa, sebagaimana disebut dalam Al-Qur’an,

إن الله يحب المتقين

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yg bertaqwa (At-Taubah: 4)

Sifat yg kedua ialah orang yg kaya. Kekayaan yg dimaksud ialah kayanya hati atau hati yg kaya, merasa puas terhadap apa yg Allah telah berikan rizqi dirinya, tidak tamak dan rakus.

Nabi ﷺ bersabda,

ليس الغنى عن كثرة العرض، و لكن الغنى غنى القلب

Bukanlah kekayaan itu dari banyaknya harta benda, akan tetapi kekayaan yg sesungguhnya ialah kayanya hati. (HR. Bukhori no. 6446, Muslim no. 1051)

Oleh karena itu, didapati sebagian manusia dirinya kaya meskipun hartanya sedikit. Apabila dia mendapat rezeki maka dia qona’ah.

Dan sebagian manusia juga memiliki hati yg faqir meskipun di sisinya dia memiliki harta dunia.

Sifat yg ketiga ialah yg tersembunyi. Tersembunyi yang dimaksud ialah tidak suka menampakkan amal di hadapan manusia, dia menyembunyikan amalannya, dia merahasiakannya karena Allah ta’ala, tidak menyukai pujian dan tidak pula menyukai sanjungan. Dan dia sangat menyukai keridhoan Allah dan segala hal yang mendekatkan dia untuk mendapatkan keridhoan Allah.

Di dalam hadits ini menyebutkan keutamaan dari tiga sifat, orang yg bertaqwa, orang yg kaya hati, dan orang yg zuhud terhadap pujian dan sanjungan manusia, tidak mementingkan pujian atau sanjungan manusia, karena yg dipentingkan hanyalah keridhoan Allah. Bahkan seandainya para manusia marah atau benci dan mencelanya, maka dia tidak mempedulikannya.

(It-haaful Kiraam bisyarhi kitaabil jami’, Cet. Dar al majid, hal. 127-128)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Tinggalkan komentar anda!
Tolong masukkan nama anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Paling populer

Komentar Terakhir